Ners

Ners merupakan profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal dan kualitas hidup dari lahir sampai mati. Tidak semua orang ingin menekuni profesi ini maka saat ini profesi ners merupakan profesi yang langka baik di Indonesia maupun luar negeri.

Visi Dan Misi Program studi Ners

Visi  Program studi

Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga Ners professional yang unggul dalam keperawatan gawat darurat klinik dan berakhlaqul karimah pada tahun 2020.

Profesional : Ners yang berkompeten dalam meberikan asuhan keperawatan.

Unggul dalam kegawat daruratan klinik : Ners yang cakapa dalam dalam memberikan asuhan keperawatan khususnya keperawatan gawat darurat klinik.

Akhlaqul karimah : Memiliki akhlaq/tingkah laku yang mulia yang tercermin

  1. Lulus mata kuliah akhlaqul karimah
  2. Lulus QLC (Qur’an Learning Center)
  3. Menerapkan Akhlaqul karimah dlam asuhan keperawatan.

 

Misi Program studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ners yang profesional khususnya keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah
  2. Melakukan penelitian terus menerus dalam bidang keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah
  3. Melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah
  4. Kerjasama berbagai pihak baik dalam atau luar negeri pada bidang ilmu keperawatan.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan Ners yang berkompeten dan unggul di bidang keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Undang-Undang RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan; Undang-Undang RI Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan; Peraturan pemerintah RI Nomor 37 tahun 2009 tentang dosen; Pemendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan KKNI; Pemendikbud 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  2. Menghasilkan penelitian yang bermutu di bidang keperawatan terutama keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah, sesuai dengan Undang Undang RI Nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai tindak lanjut dari hasil penelitain dibidang keperawatan terutama keperawatan gawat darurat dan akhlakul karimah.
  4. Terjalinnya kerjasama yang baik dengan institusi di dalam maupun diluar negeri dalam upaya meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Nomor 563/SAP/XI/2012 tentang Pedoman Kerjasama Institusional.
  5. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Program Studi, sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor: 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; Peraturan Pemerintah RI Nomor: 32 tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan; Peraturan Pemerintah RI Nomor: 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; Permendikbud RI Nomor: 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Nomor: 793/SAP/III/2016 tentang Tim Penjaminan Mutu Tingkat Program Studi Jenjang Sarjana (S1), Profesi dan Diploma IV (D4) Bidan pendidik.