RAMADHAN BULAN TAUBAT

RAMADHAN BULAN TAUBAT
 
PRINGSEWU - Senin (13/5), Yayasan Aisyah Lampung (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu, AKBID MBN) kembali melaksanakan kegiatan Majelis Ta'lim yang Insya'Allah selalu diadakan setiap hari Senin. Kegiatan ta'lim tersebut diikuti dari unsur pimpinan, dosen, staf karyawan Yayasan Aisyah Lampung. Tujuan majelis taklim tersebut adalah membina dan mengembangkan hubungan yang santun dan sesuai atau serasi antara manusia dengan Allah SWT, antara manusia dengan manusia lainnya, antara manusia dengan tempat tinggal sekitarnya atau lingkungan, dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. 
 
Dengan adanya kegiatan Majelis Ta'lim ini diharapkan terjalin komunikasi dan keakraban diantara sesama pimpinan, dosen, staf karyawan Yayasan Aisyah Lampung. Dengan kegiatan majelis ta'lim yang dilaksanakan Yayasan Aisyah Lampung (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu, AKBID MBN) bisa memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan sehingga tercipta suasana yang harmonis. 
 
Majelis Ta'lim Yayasan Aisyah Lampung (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu, AKBID MBN) menghadirkan Ustadz Muhammad Masrur, M.Pd.I sebagai penceramah. Dalam tausiyahnya Ustadz Muhammad Masrur, M.Pd.I mengingatkan pentingnya menjalin hubungan baik antara manusia dengan sang pencipta dan hubungan baik antara manusia dengan sesama manusia. Beliau menegaskan, bahwa ramadhan momen untuk membiasakan beribadah. Yang terpenting berupaya untuk istiqomah taat kepada Allah SWT. Istiqomah memang berat, karena hadiahnya/pahalanya surga. Maka dibulan ramadhan ini kita sekalian setiap nafas dipenuhi dengan dzikir kepada Allah SWT.
 
 
Ustadz Masrur juga menyampaikan, bahwa ramadhan juga disebut bulan taubat. Sungguh taubat memiliki kedudukan yang agung dalam perjalanan menuju Allah SWT. Hendaknya seorang hamba membekali dirinya dengan hal ini dalam perjalanan kehidupannya, jangan sampai lalai dari melakukannya karena tidaklah ia ma’shuum (terbebas dari dosa), bahkan ia seringkali terjatuh ke lembah dosa.
 
كُلُّ بَنِى آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ
“Setiap anak Adam senantiasa melakukan dosa, dan sebaik-baik para pendosa adalah mereka yang senantiasa bertaubat.” (HR. Tirmidzi)
 
Lakukan Taubat nasuha, Allah SWT menyukai orang-orang yang bertobat. Dalam QS.At-Tahrim Ayat 8 :
 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
 "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".
 
Ramadhan merupakan bulan yang mengandung peluang emas untuk bertaubat kepada Allah SWT. Ibadah puasa Ramadhan ditujukan untuk membentuk muttaqin (orang bertaqwa). Sedangkan di antara karakter orang bertaqwa ialah sibuk bersegera memburu ampunan Allah SWT dan surga seluas langit dan bumi.
 
وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِين
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran : 133)
 
Setelah Tausiyah agama yang disampaikan Ustadz Muhammad Masrur, M.Pd.I diiringi dengan sesi tanya jawab dan sharing dari para pimpinan, dosen, staf karyawan Yayasan Aisyah Lampung. Acara berlangsung khidmat serta diserta canda tawa sehingga menimbulkan suasana kebersamaan diantara pimpinan, dosen, staf karyawan Yayasan Aisyah Lampung (STIKes Aisyah Pringsewu, STT Aisyah Pringsewu, AKBID MBN). ( * *)